Pengertian Multimedia
Multimedia berasal dari kata multi dan media. Multi berarti
banyak dan media berarti perantara. Multimedia adalah sebuah media dan konten
yang menggunakan kombinasi bentuk konten yang berbeda. Istilah ini dapat
digunakan sebagai kata benda (sebuah media yang berisi gabungan dari beberapa
bentuk konten) atau sebagai kata sifat yang menggambarkan media yang memiliki
beberapa bentuk konten. Istilah ini berbeda dengan media yang hanya menggunakan
bentuk-bentuk tradisional dari bahan cetak atau produksi tangan. Multimedia
termasuk kombinasi bentuk konten dari teks, audio, gambar diam, animasi, video,
dan interaktivitas. Dengan kata lain, multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia dapat
didefinisikan menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan
multimedia communication.
1. Multimedia Content
Production
Multimedia content production adalah penggunaan beberapa media
(teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam
menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video,
audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai
penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori
ini media yang digunakan berupa media teks/tulisan, media audio/suara,
media video, media animasi, media gambar, media interaktif dan media
spesial effect.
2. Multimedia
Communication
Multimedia communication adalah penggunaan media (massa),
seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan /
menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment,
berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan berupa
televisi, radio, film, media cetak, music, game, entertainment,
tutorial dan internet.
Konsep Multimedia
Multimedia merupakan kombinasi dari teks, gambar,
suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai/pengguna
multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada,
multimedia tersebut disebut dengan interactive multimedia. Apabila dalam
aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang
dapat dikendalikan oleh pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut
menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah,
proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi
multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen
multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer
multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi
multimedia disebut multimedia developer. Semua pesan-pesan, perangkat lunak dan
makna yang dipresentasikan oleh komputer atau layar televisi disebut multimedia
project. Jika suatu multimedia dipasarkan kepada masyarakat, biasanya
dalam bentuk kotak atau pembungkus khusus dengan atau tanpa instruksi disebut
multimedia title. Bukan suatu keharusan bagi suatu multimedia untuk membuat
sarana interactive bagi pemakai/pengguna agar disebut dengan multimedia.
Pemakai/pengguna dapat duduk dan menyaksikan sebagaimana mereka menyaksikan
televisi biasa. Dalam hal ini project menjadi linear, mulai dari awal dan
berjalan hingga akhir. Ketika pemakai/pengguna diberikan kendali/navigasi untuk
menjelajah isi project, project menjadi Nonlinear dan Interactive, dan project
menjadi pintu gerbang informasi pribadi yang amat menarik.
Untuk menentukan bagaimana pemakai/pengguan akan berinteraksi
dan mengendalikan suatu project, dibutuhkan suatu perhatian khusus pada
informasi atau pesan yang hendak akan disampaikan. Scripting dan Storyboarding
menjelaskan parameter dari project, art work dan programnya. Elemen-elemen dari
multimedia biasanya digabung menjadi satu menggunakan authoring tools.
Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengedit teks dan gambar, juga
dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi dengan Video Disc Player (VCD), Video
Tape Player dan alat-alat lain yang berhubungan dengan project. Suara atau
video yang telah diedit akan dimasukkan ke dalam authoring system untuk
dimainkan kembali. Jumlah bagian yang dimainkan ulang dan dipresentasikan
disebut human interface. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang
menentukan apa yang akan terjadi dalam suatu project disebut multimedia
platform atau environment.
Penyajian dengan menggabungkan seluruh elemen multimedia
tersebut menjadikan informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima oleh
indera penglihatan dan pendengaran, lebih mendekati bentuk aslinya dalam dunia
sebenarnya. Jadi diharapkan multimedia bisa menjadi media untuk mempermudah
aktifitas yang dilakukan manusia, seperti:
-
Mengubah mengubah tempat kerja. Dengan adanya teleworking, para
pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh software
yang mendukung teleworking/telecommuting: Netmeeting!
- Mengubah cara belanja. Homeshopping/Teleshopping dapat dilakukan
dengan menggunakan internet, kemudian barang datang dengan sendirinya.
- Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler,
banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara
online-banking.
- Mengubah cara memperoleh informasi. Orang-orang mulai
menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya:
membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar
gitar dari software dan masih banyak lagi
- Mengubah cara belajar. Sekolah mulai menggunakan komputer
multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
Multimedia dalam Dunia Pendidikan
Dunia pendidikan adalah dunia yang paling membutuhkan teknologi
ini. Sistem pendidikan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) mungkin akan mencapai
sasarannya dengan menggunakan teknologi ini. Para siswa dapat langsung melihat
dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya. Sebagai contoh, seorang siswa
membuka aplikasi multimedia sejarah. Dalam aplikasi tersebut siswa dapat
memilih periode dan subjek yang akan dipelajari, kemudian dilayar tampilan akan
hadir teks subjek disertai gambar, suara bahkan gambar hidup dari subjek yang
dipelajari. Perhatian siswa akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan
lebih terpancing untuk mempelajari hal-hal lain karena merasa tertarikakanmedia
penyajiannya. Anak-anak usia pra-sekolah dan TK (Taman Kanak-kanak) pun akan mendapat
keuntungan dari teknologi ini. Pada usia ini anak lebih tertarik kepada gambar
dan suara. Dengan bimbingan guru dan orang tua mereka dapat “menjelajahi” lebih
luas dan imajinasi merekapun akan lebih berkembang. Singkat kata teknologi
multimedia dapat memberikan arti baru bagi dunia pendidikan.
Multimedia dalam Penggunaan Umum
Tujuan dari penggunaan multimedia di antaranya, Multimedia dalam
penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi,
penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi,
keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut, aplikasi multimedia dapat
merangsang panca indera dan perasaan penerimanya, karena dengan penggunaannya
multimedia akan merangsang beberapa indera penting manusia, seperti:
Penglihatan, pendengaran, gerak maupun suara. Dalam pengaplikasiannya multimedia
akan sangat membantu penggunanya, terutama dalam hal belajar. Dalam hal ini
secara khusus bagi masyarakat awam.
Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang juga ilmu
dan cara berpikir kita sebagai pengguna teknologi itu. Dalam kehidupan sehari-hari, internet
telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Pada umumnya semua yang
terdapat dalam kehidupan kita terdapat dalam internet. Iklan internet
mendefinisikan ulang arti dari iklan dalam tulisan biasa. Iklan internet
merupakan media kaya, dinamis, orang ke orang, interaktif dan dapat menjangkau
sejumlah besar orang dengan biaya relatif murah. Iklan yang membayar operasi
layanan web, seperti halnya iklan yang menutup biaya siaran televisi sehingga
kita dapat menonton televisi tanpa membayar. Multimedia mengubah cara orang
berbelanja. Dari pada lelah menelusuri toko ke toko lain untuk memperoleh
barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian anda harus antri
di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping memungkinkan anda
berbelanja dari rumah.
Menurut Sutopo (2003:22), Multimedia dapat digunakan untuk
bermacam-macam bidang pekerjaan, tergantung dari kreatifitas untuk
mengembangkannya. Setelah mengetahui defenisi dari multimedia serta
elemen-elemen multimedia yang ada, serta aplikasi-aplikasi yang saat ini
digunakan pada bidang kehidupan manusia, maka dapat diketahui bahwa tujuan dari
penggunaan multimedia adalah sebagai berikut :
- Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas
dari penyampaian suatu informasi.
- Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong
partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
-
Aplikasi multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan
penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia,
seperti: Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.
- Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas
dari penyampaian suatu informasi.
- Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong
partisipasi, keterlibatan serta eksplorasi pengguna tersebut.
-
Aplikasi multimedia dapat meransang panca indera, karena dengan
penggunaannya multimedia akan meransang beberapa indera penting manusia,
seperti: Penglihatan, pendengaran, aksi maupun suara.
-
Multimedia memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari
dalam segala bidang, seperti bidang pendidikan, bidang industri, bidang
kesehatan dll. Baik untuk pekerjaan, kegiatan di rumah, hiburan atau lain
sebagainya.
Sumber :
http://elektroengineering.blogspot.co.id/2013/03/internet-based.html
https://yanuirdianto.wordpress.com/2016/03/04/konsep-dasar-teknologi-informasi-multimedia/
http://duniatp.blogspot.co.id/2015/03/peranan-multimedia-dalam-pembelajaran.html
https://webpelajar.com/usaha-lulusan-multimedia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar