Evolusi
Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer mempelajari
atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan
memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set
instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam
jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O. Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun
tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.
Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur
sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan
karakteristik unjuk kerja yang berbeda.
Arsitektur Komputer lebih cenderung
pada kajian atribut–atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki
instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung
ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional
Proses evolusi Arsitektur computer
telah berlangsung melalui tahapan-tahapan yang panjang. Dalam bidang teknik
komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini
merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih
difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras,
dll).
Arsitektur dari komputer sendiri
merupakan suatu susunan atau rancangan dari komputer tersebut sehingga
membentuk suatu kesatuan yang dinamakan komputer. Komputer sendiri berevolusi
dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang. Evolusi sendiri
didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan
1.Arsitektur Von Neumann
adalah arsitektur komputer yang menempatkan
program (ROM=Read Only Memory) dan data (RAM=Random Access Memory) dalam peta
memori yang sama. Arsitektur ini memiliki address dan data bus tunggal untuk
mengalamati program (instruksi) dan data. Arsitektur von Neumann atau Mesin Von
Neumann merupakan arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann pada tahun
1903-1957. Yang mana hampir semua komputer
saat ini menggunakan Arsitektur buatan John Von Neumann. Arsitektur Von Neumann
ini menggambarkan komputer dengan empat
bagian utama yaitu:
·
Unit
Aritmatika dan Logis (ALU),
·
Unit
kontrol (CU)
·
Memori,
dan
·
Alat
masukan I/O
2. CISC ( Complex Instruction Set
Computing )
Complex Instruction Set Computing
(CISC) atau kumpulan instruksi komputasi kompleks. Adalah suatu arsitektur
komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat
rendah, seperti pengambilan dari memori (load), operasi aritmatika, dan
penyimpanan ke dalam memori (store) yang saling bekerja sama.
Sarat informasi memberikan keuntungan di mana ukuran program-program
yang dihasilkan akan menjadi relatif lebih kecil, dan penggunaan memory akan
semakin berkurang. Karena CISC inilah biaya pembuatan komputer pada saat itu
(tahun 1960) menjadi jauh lebih hemat
Dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk
mengerjakan pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit)
Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan
3. RISC (Reduced Instruction Set
Computer)
RISC singkatan dari Reduced
Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor,
berbentuk kecil dan berfungsi untuk negeset istruksi dalam komunikasi diantara
arsitektur yang lainnya.
Proyek RISC pertama dibuat oleh
IBM, stanford dan UC –Berkeley pada akhir tahun 70 dan awal tahun 80an. IBM
801, Stanford MIPS, dan Barkeley RISC 1 dan 2 dibuat dengan konsep yang sama sehingga
dikenal sebagai RISC.
RISC mempunyai karakteristik :
·
One
cycle execution time : satu putaran eksekusi. Prosessor RISC mempunyai CPI (clock per instruction)atau
waktu per instruksi untuk setiap putaran. Hal ini dimaksud untuk mengoptimalkan
setiap instruksi padaCPU
·
Pipelining
adalah sebuah teknik yang memungkinkan dapat melakukan eksekusi secara
simultan.Sehingga proses instruksi lebih
efiisien
·
Large
number of registers: Jumlah register yang sangat banyak. RISC di Desain
dimaksudkan untuk dapat menampung jumlah register yang sangat banyak untuk
mengantisipasi agar tidak terjadi interaksi yang berlebih dengan memory.
Pengaplikasian RISC yaitu pada CPU
Apple
4. Arsitektur Harvard
Arsitektur Havard menggunakan
memori terpisah untuk program dan data dengan alamat dan bus data yang berdiri
sendiri. Karena dua perbedaan aliran data dan alamat, maka tidak diperlukan multiplexing alamat dan bus data. Arsitektur ini tidak
hanya didukung dengan bus paralel untuk alamat dan data, tetapi juga
menyediakanorganisasiinternal yang
berbeda sedemikian rupa instruksi dapat diambil dan dikodekan ketika dan
data, tetapi juga menyediakan organisasi internal yang berbeda sedemikian rupa instruksi dapaLebih
lanjut lagi, bus data bisa saja memiliki ukuran yang berbeda dari bus alamat.
Hal ini memungkinkan pengoptimalan
bus data dan bus alamat dalam pengeksekusian instruksi yang cepat.t diambil dan
dikodekan ketika berbagai data sedang diambil dan dioperasikan. Sebagai contoh,
mikrokontroler Intel keluarga MCS-51 menggunakan arsitektur Havard karena ada
perbedaan kapasitas memori untuk program dan data, dan bus terpisah (internal)
untuk alamat dan data. Begitu juga
dengan keluarga PIC dari Microchip yang menggunakan arsitektur Havard.
5. Arsitektur Blue Gene
Blue Gene adalah sebuah arsitektur
komputer yang dirancang untuk menciptakan beberapa superkomputer generasi
berikut, yang dirancang untuk mencapai kecepatan operasi petaflop (1 peta = 10
pangkat 15), dan pada 2005 telah mencapai kecepatan lebih dari 100 teraflop (1
tera = 10 pangkat 12). Blue Gene merupakan proyek antara Departemen Energi
Amerika Serikat (yang membiayai projek ini), industri (terutama IBM), dan
kalangan akademi. Ada lima projek Blue Gene dalam pengembangan saat ini, di
antaranya adalah Blue Gene/L, Blue Gene/C, dan Blue Gene/P.
Komputer pertama dalam seri Blue
Gene. Blue Gene/L dikembangkan melalui sebuah “partnership” dengan Lawrence
Livermore National Laboratory menghabiskan biaya AS$100 juta dan direncanakan
dapat mencapai kecepatan ratusan TFLOPS, dengan kecepatan puncak teoritis 360
TFLOPS. Ini hampir sepuluh kali lebih cepat dari Earth Simulator, superkomputer
tercepat di dunia sebelum Blue Gene. Pada Juni 2004, dua prototipe Blue Gene/L
masuk dalam peringkat 500 besar superkomputer berada dalam posisi ke-4 dan
ke-8.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar